Cara Baru Baca Buku: Sewa di Kutoobuku!

Indonesia adalah negara dengan minat baca rendah. Pernah dengar?

Yup, sangat disayangkan, tapi begitulah faktanya. Aku pribadi bersyukur karena sejak kecil memang udah tertarik membaca, berkembang jadi kebiasaan dan hobi seperti sekarang. Gak jarang aku dapet pertanyaan: “Lin, gimana sih caranya biar suka baca?” dan aku bingung jawabnya. Karena mengalir gitu aja. Satu buku habis, and I’ll looking for another one to read. Sesimpel itu. Jadi mungkin, yang kugarisbawahi adalah kemauan kita membacanya.

Zaman sekarang, gak ada alasan susah baca buku. Kalau mau beli, bisa jalan ke toko buku. Berburu diskonan juga banyak di lapak online. Opsi lainnya: pinjam. Menariknya, belum lama ini aku menemukan penyedia sewa buku online!

pict by @journalinaa_

Kutoobuku

Merupakan platform pinjam buku ramah kantong dengan ragam koleksi buku yang menarik. Secara singkat, teknisnya adalah kamu akan dipinjamkan buku fisik, bukan ebook. Buku pilihanmu akan dikirimkan ke tempatmu, dan kamu harus mengembalikannya dalam kurun waktu tertentu sesuai kesepakatan di awal. Untuk saat ini, layanan peminjaman buku terbatas hanya untuk area Jakarta, Tangerang, dan sekitarnya. Tapi, gak menutup kemungkinan bisa juga di luar daerah itu. Tergantung kesepakatan dua belah pihak.

Kamu bisa mampir ke laman Instagram @kutoobuku dengan klik di sini. Atau kamu juga bisa menyimak artikel ini sampai akhir untuk tahu informasi selengkapnya tentang Kutoobuku yang akan kubagikan~


Gimana Cara Pinjamnya?

1. Pilih Bukumu

Katalog koleksi buku yang bisa dipinjam dapat kamu lihat di Instagram @kutoobuku.katalog. Tapi, kamu juga bisa klik linktr.ee/kutoobuku yang ada di bio dan pilih menu KATALOG KUTOOBUKU. Akan muncul koleksi buku yang sudah disortir berdasarkan genre, lengkap dengan nama penulis, jumlah halaman, jenis bahasa, serta biaya deposit maupun peminjaman.


2.
  Mengisi Form Order
Isi formulir peminjaman yang bisa kamu dapat dari linktr.ee/kutoobuku dan pilih menu AKU MAU PINJAM! Tim Kutoobuku akan menghubungi via WhatsApp dan mengirimkan detail pembayaran serta lampiran kondisi buku yang ingin dipinjam.


Selebihnya, selama proses chatting itu kamu bisa tanyakan ke Admin Kutoo yang dengan senang hati akan menjawab sejelas-jelasnya. Tapi, kalau kamu mau tanya-tanya dulu tanpa mengisi form order, langsung pilih menu CHAT DENGAN KUTOO, ya.

Kamu tinggal menunggu dengan nyaman paket Kutoo sampai ke tempatmu. Jangan khawatir, karena pengemasannya sangat aman dan apik. Video unboxing yang pernah aku buat bisa kamu lihat juga di sini

 

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

1.      Deposit

Untuk setiap jenis buku, harga depositnya berbeda. Deposit ini akan kamu bayarkan di awal, tapi dikembalikan 100% jika tidak ada kerusakan pada buku yang dipinjam. Menurutku, itulah kenapa di awal akan diinfokan lampiran kondisi buku sebelum pengiriman, supaya kedua belah pihak sama-sama sudah mengetahui letak ‘kecacatan’ bukunya sebelum peminjaman. Yang dimaksud misalnya berupa lembar halaman tertentu yang bernoda. Tapi, diutamakan koleksi Kutoobuku yang siap pinjam minmal 80% dalam kondisi baik, kok!

2.      Jumlah Buku

Tidak ada maksimal jumlah buku yang bisa dipinjam dalam sekali order. Menurutku, kembali lagi apakah si penyewa bisa membaca seluruh buku yang dipinjam dalam tenggat waktu 7 atau 14 hari yang ia pilih. Dan perlu diingat, jumlahnya akan memengaruhi berat paket plus ongkir pengiriman yang akan ditanggung oleh penyewa, ya.

3.      Waktu Peminjaman

Tim Kutoo akan memberi reminder 2-3 hari sebelum tanggal pengembalian. Apabila di tengah waktu peminjaman penyewa merasa perlu memperpanjang masa pinjam, dapat menghubungi Tim Kutoo. Mereka akan mengecek apakah buku tersebut punya Waiting List. Kalau tidak ada, penyewa diperbolehkan memperpanjang masa pinjam dan dikenakan tarif berikutnya. Jika ternyata ada calon penyewa lain untuk buku tersebut, penyewa pertama harus mengembalikan tepat waktu sesuai kesepakatan awal.

Lewat dari tanggal pengembalian akan dikenakan denda. Detailnya tergantung buku yang dipinjam. Yang pasti, Tim kutoo akan mengonfirmasi via WhatsApp.

4.      Pengembalian Buku

Kamu harus mengembalikan bukunya dalam kotak yang sudah disiapkan oleh Tim Kutoo saat mengirimkan orderanmu di awal. Jadi, jangan sampai dibuang ya waktu unboxing! Hehe. Tidak perlu repot-repot menuliskan alamat tujuan, karena Tim Kutoo juga sudah menyelipkan stickernya. Jangan lupa untuk ongkir pengembalian ditanggung penyewa, ya!

  

Terus terang, aku cukup excited waktu  mengetahui keberadaan platform ini. Bayangkan kita bisa meminjam buku secara fisik melalui online. Kita meminjam, itu berarti harus menjaganya sebaik mungkin sebelum dikembalikan. Sempat skeptis mempertanyakan, apa para penyewa akan mengembalikan buku-buku pinjamannya? Tapi kemudian aku percaya, mereka yang memanfaatkan platform ini dengan baik pasti bisa berlaku bijak dan bertanggungjawab.

Bagiku pribadi, Kutoobuku adalah solusi untuk aku yang suka penasaran dengan sebuah buku. Beli--baca hingga tamat--kesan yang ditinggalkan biasa aja. Kalau ternyata tidak terlalu berminat untuk dikoleksi, lantas aku jual lagi. Dengan ini, aku bisa membaca tanpa membeli.

Aku juga senang dengan Tim Kutoo yang cukup responsif dan ramah dalam menanggapi. Dari segi brandingnya pun Kutoobuku tidak nampak seperti penyewaan yang asal-asalan. Sebaliknya, justeru seluruhnya terstruktur dan jelas. Harapanku, semoga Kutoobuku semakin dikenal oleh banyak kalangan dan dapat menjadi pionir gerakan membaca buku tanpa harus membeli 😀


PROMO MENARIK

Psst! Buat kamu yang pengin banget pinjam buku dari Kutoobuku, manfaatkan kesempatan promo 12.12 Desember ini, deh. Jadi, kamu bisa pinjam buku selama dua minggu hanya dengan membayar tarif satu minggu!  



Segera pilih buku yang mau kamu pinjam sebelum ketinggalan, ya. Kamu bisa chat Admin Kutoo dengan klik di sini. Enjoy your books!